Image default
Berita Sekolah Wajib Diketahui

PEMBUKAAN TAHFIDZ TAKHASUS MTSN 13 BERSAMA IRWANSYAH TAHUN PELAJARAN 2020-2021

MTs Negeri 13 Jakarta – Program unggulan Tahfidz Takhasus MTs Negeri 13 Jakarta memasuki tahun kedua. Program ini bertujuan untuk mencetak generasi penghafal Al-Qur’an. Program Tahfidz atau menghafal Al-Qur’an adalah proses untuk memelihara, menjaga dan melestarikan kemurnian Al-Qur’an yang diturunkan kepada Rasulullan, SAW dengan cara menghafal diluar kepala agar tidak terjadi perubahan dan pemalsuan serta dapat menjaga dari keluapaan baik secara keseluruhan ataupun sebagiannya.

Pembukaan tahfidz takhasus 13 ini mengusung tema “Membangun Peradaban Untuk Melahirkan Generasi Qur’ani yang Berakhlaqul Karimah”dan dilaksanakan pada hari Kamis, 1 Oktober 2020 bertempat di MTs Negeri 13 Gedung Petukangan dibuka secara resmi oleh Bapak Kasie Kurikulum dan Kesiswaan pada Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta, Bapak Tri Isnadian, M.Pd yang diikuti oleh Wakil Bidang. Humas, Wakil Bidang Kesiswaan, Wakil Bidang Sarpras, perwakilan Komite Madrasah MTs Negeri 13 Jakarta dan perwakilan siswa / siswi program Tahfidz Takhasus, serta dihadiri oleh seorang public figure yang telah memantapkan hatinya untuk senantiasa menghiasi hidupnya dengan Al-Qur’an, Irwansyah. Dia adalah salah satu public figure yang memutuskan untuk berhijrah di usia muda.

Dalam acara ini Irwansyah memberikan motivasi untuk siswa-siswi MTs Negeri 13 Jakarta. Beliau menuturkan untuk menumbuhkan rasa cinta kepada Al-Qur’an sama seperti kata pepatah “Tak kenal maka tak cinta” kita harus kenal terlebih dahulu, jika sudah kenal maka akan semakin enak membacanya dan semakin suka terhadap Al-Qur’an. Bagaimana cara untuk bisa membaca Al-Qur’an tentunya dengan belajar dan memperhatikan tajwid, makharijul huruf, dan lain-lain. Di akhir perbincangan dengan tim jurnalis 13, Irwansyah memiliki harapan yang besar untuk siswa-siswi MTs Negeri 13 yaitu “ senantiasa menjadi anak yang sholeh dan sholehah, menjadi penerus bangsa yang dapat menjunjung nilai agama, karena yang kita ketahui bersama bahwa Indonesia sudah dilirik sebagai negara Islam. Harapan saya MTs Negeri 13 Jakarta bisa mempertahankan posisi sebagai madrasah hebat karena memiliki program yang masya Allah, berat tapi keren”.

Setelah kegiatan selesai Tim Jurnalis 13 berdialog dengan Bapak Kasie Kurikulum dan Kesiswaan Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta yaitu Bapak Tri Isnadian, M.Pd. Beliau mengapresiasi terhadap program ini yaitu bagaimana madrasah menanamkan kecintaan kepada Allah dengan cara menanamkan kecintaan terhadap Al-Qur’an serta partisipasi orang tua untuk menumbuhkan dan mencintai Al-Qur’an di rumah. Beliau juga mengapresiasi setinggi-tingginya mudah-mudahan program ini dapat dikawal dengan baik, selanjutnya dievaluasi oleh stekholder.

Beliau menuturkan kunci sukses anak yang mengikuti tahfidz akan berkorelasi positif dengan daya hafal anak terhadap mata pelajaran. Sebuah penelitian mengatakan “siapa yang menghafal al-qur’an, dia akan mudah menghafal pelajaran yang lain”. Di akhir dialognya berpesan semoga melalui program Tahfidz Takhasus ini dapat melahirkan generasi MTs Negeri 13 yang berakhlakul karimah dan cerdas, karena kecerdasan itu timbul karena Al-Qur’an yang dia pahami dan yang diamalkan.”

Related posts

GEBYAR MAULID DAN HARI GURU MTs NEGERI 13 JAKARTA

Admin13

UJIAN MUNAQOSAH TAHFIDZ MTsN 13 JAKARTA

Admin13

Kegiatan Tutor Sebaya peserta didik kelas IX menghadapi Ujian Nasional

adminOK